Google Jualan Laptop - Memiliki platform yang digunakan pada banyak ponsel tidaklah cukup untuk Google Inc. Raksasa teknologi asal California ini sebentar lagi akan terjun ke dunia perangkat keras dengan merilis sebuah komputer jinjing.



Selama ini, Google memang dikenal sebagai sebuah domain situs pencarian dan pembuat sistem operasi Android beserta pasar aplikasinya. Kabar tentang Google yang sedang membuat sebuah laptop bukan lagi hal baru.



Pasalnya, akhir tahun lalu perusahaan yang kini dipimpin Larry Page ini sudah melakukan uji coba terhadap prototipe laptop bernama Chrome Cr-48 yang berjalan dengan sistem operasi Chrome. Chrome OS yang ada pada laptop ini merupakan sistem operasi berbasis browser Google.



Menurut laporan Forbes, kini komputer jinjing itu sudah siap dipasarkan dengan variasi harga. Untuk kalangan mahasiswa, Google membanderol laptop itu dengan harga US$ 20 per bulan yang dipadukan hardware dan layanan online.



Mengutip situs teknologi ZDnet yang pernah menjajal kebolehan prototipe netbook Cr-48 menyatakan kinerja laptop yang dibalut warna hitam ini cukup cepat. Untuk mengaktifkannya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 detik dari pertama kali menekan tombol power, booting, hingga siap digunakan.



Kinerjanya bisa dibilang lebih cepat ketimbang laptop yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, tapi masih sebanding dengan MacBook Air buatan Apple.



Waktu siaga baterai laptop Chrome Cr-48 sanggup sampai delapan hari, sedangkan untuk pemakaian intensif sampai delapan jam.



Sesuai dengan nama platformnya yang merupakan mesin browser buatan Google, laptop ini memiliki konektivitas nirkabel yang komplit. Mulai dari Wi-Fi sampai modem 3G untuk broadband nirkabel dan dirancang untuk selalu terhubung dengan jaringan Internet.



Soal papan ketik, Google membuat perubahan yang membutuhkan sedikit penyesuaian bagi penggunanya. Pada keyboard, Google menggantikan tombol Caps Lock dengan simbol pencarian yang secara otomatis akan membuka tab baru pada Chrome Browser.[Sumber : TEMPO Interaktif ]
http://jiastisipolcandradimuka.blogspot.com/

Labels: ,